Sumber utama karbohidrat di dalam makanan berasal dari tumbuhan dan hanya sedikit dari hewani

Di dalam tumbuhan karbohidrat mempunyai dua fungsi utama, ialah sebagai simpanan enersi dan sebagai penguat struktur tumbuhan tersebut. yang merupakan sumber enersi terutama terdapat dalam bentuk zat tepung (amylum) dan zat gula (mono dan disakarida). Timbunan zat tepung terdapat di dalam biji, akar dan batang. Gula terdapat di dalam daging buah atau di dalam cairan tumbuhan di dalam batang (tebu). Karbohidrat penguat struktur tumbuhan terdapat sebagai selulosa di dalam dinding sel. Perbedaan khas antara seltumbuhan dan sel khewan, ialah bahwa pada sel tumbuhan terdapat dinding selyang mengandung selulosa, sedangkan sel khewan tidak mempunyai dinding sel.

Melainkan terdapat selaput sel (membrana sel), yang terdiriatas protoplasma yang mengalami modifikasi. Serat-serat kayu pada batang tumbuhan mempunyai dinding selyang tebal, diperkuatoleh selulosa. Meskipun pohon telah mati, dinding serat kayu ini masih tetap bertahan dan menyebabkan batang kayu dapat bertahan lama. Karbohidrat nabatidi dalam makanan manusia terutama berasal daritimbunan, yaitu biji, batang dan akar.

Sumber yang kaya akan karbohidrat umumnya termasuk bahan makanan pokok. Karbohidrat khewani berbentuk glikogen, terutama terdapat di dalam otot (daging) dan hati. Namun demikian jumlahnya terbatas, dan setelah binatang mati, glikogen mengalami penguraian sehingga didalam daging praktis menjadinol, ketika sampaididapur untuk dimasak. Ada pula jenis-jenis yang mengandung cukup banyak karbohidrat seperti pisang, sawo, nangka, sukun, dan kelewih.

Daftar lV (halaman 35) memperlihatkan beberapa jenis bahan makanan nabati dan khewani akan kandungan karbohidratnya. Banan makanan pokok biasanya merupakan sumber utama karbohidrat, karena selain tinggi kadar amylumnya, juga dapat dimakan dalam jumlah besar oleh seseorang tanpa menimbulkan keluhan (misalnya merasa nek, mual). Bahan makanan pokok di lndonesia dapat berupa beras (serealia), akar dan umbi, serta ekstrak tepung, seperti sagu. Kacang-kacangan juga mengandung banyak karbohidrat tetapi biasanya tidak sanggup dikonsumsi dalam jumlah besar karena memberikan keluhan-keluhan, seperti banyak kentut, rasa berat di perut dan sebagainya. Buah-buahan juga banyak yang tinggi kandungannya akan karbohidrat seperti pisang, nangka, durian, sawo dan sebagainya.  Info lengkap seputar diabetes dan bagaimana cara mengatasi penyakit diabetes terefektif dapat di lihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *