Satu catatan khusus dituturkan mengenai penelitian ini

Perhatikan bahwa kecenderungan darah untuk tidak membeku adalah hasil dari ketahanan olahraga, yang akan melindungi terhadap serangan jantung dan stroke. HDL juga meningkat. Kita sudah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa olahraga itu penting untuk menambah kadar kolesterol baik, HDL. Akan tetapi, riset sekarangini menunjukkan bahwa ada hubungan respons dosis antara olahraga dan kadar HDL.Untuk mudahnya, semakin banyak Anda berolahraga,maka akan semakin tinggi kadar HDL. Hal ini baru-baru ini saja diketahui. HDL diukur pada hampir 3000 orang yang digolongkan menurut tingkat olahraga yang dilaporkan.  Hasilnya ditabulasikan dalam Gambar 10. Riset yang mendokumentasikan hubungan respons dosis antara HDL dan olahraga memberikan penjelasan lain untuk manfaat perbaikanjantung dari kebugaran fisik. Karena efek penekan HDL  yang kuat dari merokok, semua perokok tidak disertakan dari riset tersebut.

penelitian

Dengan kata lain, kita tidak mengetahui dari risetini apakah olahraga menambah HDL dengan cara yang sama bagi para perokok. Yang kita ketahui adalah bahwa seorang perokok yang peduli dengan risiko penyakit jantungnya sebaiknya berhenti merokok selain berolahraga danmakan dengan benar. Sebenarnya, riset menunjukkan bahwa olahraga memperbaiki kesempatan berhasil berhenti  merokok. Suatu penelitian Brown University baru-baru ini mendapati bahwa wanita yang berolahraga sedikit kemungkinan untuk mulai merokok kembali. Olahraga memberikan manfaat yang sudah diketahui dengan baik bagi mereka yang mengidap diabetes atau tekanan darah tinggi. Ini juga merupakan unsur pokok dari suatu program yang menambah sistem kekebalan dan tingkat energi kita. Ada banyak lagi manfaat latihan ketahanan, seperti yang diuraikan dalam Gambar 11.

Satu penelitian menarik melibatkan suatu upaya memperbaiki kemampuan berkomunikasi dari dua kelompok pasien Alzheimer. Satu kelompok ditempatkan pada program berolahraga jalan kaki, dan kelompok lain diberikan pelajaran dalam percakapan. Lebih dari 40 persen dari kelompok olahraga mengalami kemajuan nyata dalam kemampuan berkomunikasi, sementara kelompok “terapi percakapan” tidak mengalami kemajuan berarti dalam kemampuan berkomu- .nikasinya. Mempertimbangkan semua bukti yang menggugah tentang manfaat berolahraga, barangkali efek yang paling mengeiutkan adalah pencegahan banyak penyakit, yang akan ter*rujud semata-mata bila seseorang berolahraga secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *