Pria Cenderung Beresiko Terkena Penyakit Diabetes Tipe 2

Pria Cenderung Beresiko Terkena Penyakit Diabetes Tipe 2

Para peneliti mengatakan bahwa pria cenderung lebih mungkin menderita penyakit Diabetes Type 2 dibandingkan perempuan; penyebabnya adalah karena pria secara biologis lebih rentan.
Tim Glasgow University menemukan bahwa pria dapat mengalami penyakit diabetes meskipun Body Mass Index (BMI) nya lebih rendah daripada wanita.

Para ahli tersebut percaya bahwa distribusi lemak tubuh adalah memgang peranan penting – pria cenderung menyimpan lemak dalam organ hati dan sekitar pinggang.
Sementara Perempuan, meskipun memiliki jumlah lemak subkutan lebih banyak, akan tetapi lemak tersebut disimpan di paha dan pinggul.

Ini artinya wanita perlu mengumpulkan lebih banyak lemak secara keseluruhan dibandingkan laki-laki untuk mengembangkan deposit lemak berbahaya yang memicu terjadinya penyakit diabetes, seperti ynag dijelaskan oleh para peneliti dalam jurnal Diabetologia.

Lemak Tubuh
Penyebab Diabetes tipe 2 adalah karena terlalu banyak gula dalam darah. Ini terjadi karena kemampuan tubuh untuk mengatur kadar gula di beberapa organ yang berbeda menjadi terganggu. Kondisi ini terkait dengan kelebihan lemak di beberapa organ-organ ini seperti pada hati dan otot.

Profesor Naveed Sattar, dari Institute of Cardiovascular & Pengobatan Sciences, yang memimpin penelitian, mengatakan: “Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pria paruh baya berada pada risiko lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan wanita dan satu penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa laki-laki hanya perlu bertambah berat badan lebih sedikit dari perempuan untuk terkena penyakit tersebut.“Dengan kata lain, pria tampaknya memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena diabetes dibandingkan perempuan.”

Untuk kepentingan penelitian ini, para peneliti menganalisis data dari 51.920 pria dan 43.137 wanita di Skotlandia yang mengalami penyakit diabetes, dengan mempertimbangkan berat badan dan obesitas mereka berdasarkan pengukuran BMI.Hasil penelitian menunjukkan perempuan terserang diabetes pada berat BMI 33,69, sementara pria pada berat BMI 31,83. Para peneliti mengatakan fakta dari hasil penelitian ini membantu menjelaskan mengapa lebih banyak pria yang terkena diabetes di banyak negara di dunia.

Dr Victoria King Kepala Riset Diabetes UK, mengatakan: “Hal ini mengkhawatirkan bahwa pria memiliki resiko lebih tingg terkena diabetes tipe 2 daripada kaum perempuan. Penelitian seperti ini akan membantu kita memahami alasan mengapa dan memberikan wawasan yang lebih besar ke dalam apa yang bisa kita lakukan. untuk meningkatkan pencegahan diabetes tipe 2 pada pria”.

Dianjurkan kepada pria dan perempuan untuk mengurangi resiko mereka untuk terkena diabetes tipe 2 yaitu dengan mengurangi kelebihan berat badan, makan dan diet seimbang yang sehat , serta melakukan aktifitas fisik atau berolah raga secara teratur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *