Pemberian Diet tergantung dari kalori yang dibutuhkan penderita

Dalam mengatur diet dan sebagai dasar dari ini kita harus menetapkan terlebih dahulu berapa kalori yang dibutuhkan oleh sipenderita dalam satu hari. Ini tergantung dari beberapa faktor:

1). Berat badan sekarang

2). Berat badan yang ideal (tinggi badan dan berat/ringan kerangka)

3). Pekerjaan fisik yang dilakukan setiap hari.

gerat badan yang ideal kita perhitungkan dari tinggi badan dan penilaian struktur tulang-tulang (berat atau ringan).Dari berat badan yang ideal dan pekedaan fisik yang harus dilakukan sipenderita setiap harinya maka pada umumnya dapat kita perkirakan banyaknya kalori yang dibutuhkan untuk memelihara berat badan yang ideal. Diperkirakan bahwa seseorang daram keadaan basar membutuhkan 25-30 kalori per kg BB sehari. untuk memelihara BB yang ideal dibutuhkan sekian kalori lagi yang diperlukan untuk pekerjaan sehari-hari. Banyaknya tambahan kalori ini tergant,ng dari jenis pekerjaan yang dilakukan setiap hari. umpamanya tambahan kalori ini tidak sebegitu banyak pada pegawai kantor dibandingkan dengan seorang petani. Pada penderita yang gemuk-gemuk jumrah kalori dikurangkan supaya BB-nya turun.

Ini tidak boleh terjadi dengan cepat mengingat bahaya akan timbulnya ketosis dan asidosis jika terlalu sedikit zat hidrat arang diberikan. Pada penderita-pendrita yang kurus jumlah kalori ini ditambatr bersamaan dengan penyuntikan Insulin. Maksud adalah supaya berat badan bertambah dan orangnya mencapai berat badan yang ideal. zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kalori adatah zat-zat hidrat arang, zat protein dan zat lemak.

  1. Zat hidrat arang:

Yang diberikan 2-3 gr per kg BB dengan minimum 100 gr sehari. Kita tidak boleh mengizinkan pemakaian gula bebas dan jika penderita menginginkan sesuatu yang manis maka haruslah dipakai sacharin.

  1. Zat protein

Diberi dalam jumlah 1-1,5 gr per kg BB sehari.

  1. Zat lemak:

Untuk kebutuhan kalori lebihnya diberi zat lemak.

Bolehlah kita tambah di sini bahwa terapi hanya dengan mengatur diit tanpa memberi obat-obatan antidiabetik jarang sekali mendapat sukses. Biasanya pengobatan melulu dietetik hanya bisa berhasil pada peuderita-penderita maturity-onset Diabetes yang gemuk. American Diabetes Association memberi skema sebagai berikut untuk pengaturan diit. Pertama-tama jumlah kalori diperkirakan.” Umpamanya yang akan diberi adalah 1500 kal., maka makanan tiap hari sebaiknya mengandung:

– Zat hidrat karbon = 1500/10 150 gr = 600 kal (40%)

– Zat protein ( ½ dari z.h arang) = 75 gr = 300 kal. (20%)

– Zat lemak (selebihnya) 66 gr = 600 kal (40%).

Baca informasi seputar cara penanganan penyakit diabetes mellitus yang efektif hanya di SINI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *