Panduan Pemula untuk Memulai Usaha Penetasan Telur

Panduan Pemula untuk Memulai Usaha Penetasan Telur

Dalam cara ini, telur merupakan cikal bakal atau modal usaha. Telur-telur itu harus ditetaskan dengan baik Ada dua cara penetasan telur, yaitu

dengan cara alamiah dan dengan cara penetasan menggunakan mesin telas untuk mendapatkan telur secara ilmiah biasa kita cari refrensi mengenai Petunjuk Memulai kawin suntik untuk ayam arab dengan Sukses. Hal paling utama yang harus diperharikan dalam memilih telur tetas adalah menyangkut kualitas telur. Jika kualitas telur ndak baik, prosentase jumlah telur tetas yang menetas kurang atau rendah. Anak yang dihasilkan pun kurang baik murunya. Untuk itu dibutuhkan penyeleksian telur sebelum ditetaskan. Telur yang dihasilkan dari induk ayam berumur di bawah satu tahun berukuran kecil-kecil dan berbobot kurang dan 30 gram. Yang layak dijadikan telur tetas adalah telur dari induk ayam berumur 1-2 tahun.

Memilih Telur yang Baik

Telur yang baik untuk telur tetas adalah telur yang memenuhi ketentuan sebagai berikut.

  • Bobot telur berkisar antara 40-45 gram. Benruknya normal, bulat lonjong. Perbandingan lebar-panjang adalah 3 : 4. Telur yang terlalu bulat atau terlalu panjang, daya tetasnya rendah.
  • Ukuran telur tidak holeh terlalu besar karena biasanya bibit gampang mati dan daya tetasnya rendah. Ruang udara di dalam telur harus ada. Besarnya scperti ketika keluar dari tubuh induknya (0,3 rrn atau lebih kecil). Ruang udara dapat diperiksa dengan menyorotkan lampu senter ke ujung tumpul telur.
  • Cangkang telur harus bersih, tidak berbintik, tidak kasar, alau rctak.
  • Telur harus berasal dari induk yang baik, sehat, dan mengalami proses perkawinan yang baik dengan induk jantan yang baik pula.
  • Letak kuning telur terpusat baik. Kurungnya jernih, bebas dari noda. Putih telurnya jernih dan pekat.
  • Telur yang akan ditetaskan tidak bolch disimpan lebih dari tujuh hari. Simpan telur tetas di tempat yang sejuk, tidak dingin, tidak terlalu panas, serta terhindar dari terpaan angin dan cahaya matahari.

Faktor Penentu Kualitas Telur Tetas

Kualitas telur tergantung pada hal hal berikut.

  • Kualitas induk. Induk yang baik akan menurunkan telur berkualitas baik. Induk yang baik ditentukan oleh strain atau jenis ayam.
  • Seperti kualitas induk, kualitas pakan juga akan mempengaruhi kualitas kuning telur serta putih telur. Kandungan pakan, seperti kalsium, fosfor, mangan, dan vitamin D, akan memberi pengaruh pada kualitas telur. Sebaiknya, setiap ekor ayam diberi kalsium sebanyak 3,5-4 gram per hari dan phosphor sebanyak 0,9 gram per hari.
  • Beberapa penyakit, seperti ND (newcastle disease) dan infeksi bronkhitis, bisa mempengaruhi kualitas kulit telur, bahkan juga menurunkan kualitas putih telur.
  • umur ayam yang terlalu tua akan menyebabkan kulit telur yang dihasilkannya menipis.
  • Suhu yang terlalu panas akan mengurangi nafsu makan ayam sehingga mempengaruhi pertumbuhan telur yang dihasilkan. Suhu yang diperkenankan maksimal mencapai 29° C (85   F).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *