Dari sudut pandang kesehatan masyarakat, perubahan gaya hidup perlu dilakukan jika kita ingin mencegah efek jangka panjang diabetes

Tanpa perubahan gaya hidup, hampir bisa dipastikan bahwa masyarakat akan membutuhkan obat-obatan dengan dosis lebih tinggi dan biaya yang lebih besar disertai lebih banyak efek samping untuk mengobati kondisi dan penyakit yang timbul akibat diabetes tipe 2.

Keuntungan perubahan gaya hidup adalah biaya yang lebih murah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, serta bisa mengurang1 faktor risiko yang menyertai diabetes ipe 2. Walaupun sebagian orang masih membutuhkan pengobatan unfuk tekanan darah dan ketidaknormalan kadar lemak yang tidak bisa diatasi hanya dengan perubahan gava hidup, perubahan tersebut dapat mengurangi jumlah atau dosis obatobatan yang dipetlukan.

Bagi orang-orang yang kenaikan kadar gula, tekanan darah, atau lemaknyahanya sedikit, perubahan gaya hidup bisa menutunkannya tanpabantuan obat-obatan.

http://obatdiabetesherbal.co/mengatasi-dm/tips-mengobati-diabetes-melitus-dengan-tepat-dan-mudah/

Aktivitas dan Latihan: Bergerak, Bergerak, Bergerak

oqYRf5b6STf5N6LKita sudah membahas tentang betapa mudahnya makan berlebihan. Sekarang, kita akan membahas tentang mudahnya berolahraga terlalu sedikit dan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Seperti yang dijelaskan pada Bab 3, perubahan aktivitas fisik sudah diterapkan dalam iga dari empat penelitian utama yang berhasil mencegah perkembangan diabetes pada orang-orang yang rentan terhadapnya.

Hanya satu penelitian yang menjadikan olahraga sebagai komponen khusus, sementara dua penelitian lainnya menggabungkan program peningkatan aktivitas fisik dengan program gaya hidup unruk mengubah komposisi makanan dan kebiasaan makan. Berikut ini pengaruh peningkatan aktivitas fisik:

-Aktivitas fisik langsung memperbaiki sensitivitas otot-otot terhadap insulin, sehingga gula lebih mudah ditimbun dalam otot daripada dibiarkan meningkat dalam peredaran darah.

-Efek terbaik dari aktivitas fisik diperoleh bila dilakukan dengan teratvt, setidaknya tiga sampai empat kali (idealnya lima sampai enam kali) seminggu.

-Meskipun aerobik bisa meningkatkan metabolisme dan menguatkan jantung serta pembuluh darah, tambahan olahraga yang menguatkan juga berguna.

-Selain efek langsutgnya, aktivitas fisik bisa membanru menurunkan betat badan, dan khususnya lebih berguna untuk mempertahankan berat badan yang diperoleh berkat perubahan komposisi makanan.

-Program pencegahan dan pengobatan diabetes yang paling berhasil memasukkan peningkatan aktivitas fisik dengan intensitas sedang dalam kehidupan sehari-hari.

-Cara terbirk untuk meningkatkan aktivitas fisik adalah dengan melakukannya setiap hari, bukan dengan membuat jadwal untuk berolahtaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *