Buah anggur utuh dan sari buahanggur bisa juga menaikkan lipoprotein melaluisenyawa seperti resveratrol

Selanjutnya, tidakada yang menyarankan bahwa semua yang menaikkan HDL itu diperlukan sekali. Misalnya, pestisida organik bisa menaikkan HDL. Namun, tidak seorang pun menyarankan konsumsi pestisida untuk kesehatan jantung: kita mengenali bahayanya lebih berat dari manfaat apa pun.

Mengapa menambahkan atau meneruskan penggunaan bahan kimia beracun seperti alkohol,padahal tidak ada bukti bahwa itu memberimanfaat sebesar gaya hidup sehat dalam mengurangi penyakit jantung? Bahkan laporan spesiai Tufts University (yang pada permukaannya mungkin tampak pro “alkohol untuk jantungAnda”) mengingatkan para pembaca beberapa kekhawatiran yang lebih besar yang telahkita bahas.

5Mereka menyebut data Harvard baru-baru ini yang menunjukkan sedikitnya tiga minuman per minggu menaikkan risiko kanker payudara bagi wanita secara nyata. Dan mereka membuat ringkasan pemberitaan berikut ini: “Para periset setuju hampir secara keseluruhanbahwa tidak seorang pun mengambil langkah minum alkohol untuk maksud menyembuhkan penyakit jantun ada cara yang jauh lebihaman dan secara umum lebih sehat untuk melindungi sistem kardiovaskular.

Berpantang Total Merupakan Pilihan yang Lebih Baik

Badan Kesehatan Dunia telah menasihatkandengan tegas untuk berpantang alkohol secara total sekalipun dalam konteks “alkohol untuk jantung Anda.” Pemikiran mereka merefleksikan penilaian banyak ilmuwan, dokter, dan profesional kesehatan publik yang mengetahuidengan baik akan fakta yang telah saya dokumentasikan pada bab ini. WHO sekarang ini menggunakan ungkapan “semakin sedikit Andaminum, akan semakin baik.

Sangat signifikan bahwa badan internasional ini telah mengambil pendirian bahwa sekalipun dalam jumlah terbatas konsumsi alkohoi harus dihindari. Dengan wawasan luas mereka memberi sejumlah pengamatan penting yang mengarah pada kesimpulan mereka. Beberapa dari wawasan tersebut ditemukan dalam Gambar 26.

Yang terutama diperhatikan adalah penegasan badan internasional ini pada salah satu tesis saya di bab ini: bagi orang yang sudah menjalani gaya hidup sehat (atau yang hendak menjalaninya), tidak ada bukti bahwa alkohol memberikan manfaat apa pun pada jantung.

Sikap Badan Kesehatan Dunia menguatkan dalam benaksaya bahwa kita ini memang benar-benarberada pada zaman kejelasan mengenai efek alkohol pada kesehatan manusia. Sesungguhnya, ketika semua informasi disatupadukan, satu-satunya kesimpulan yang memberi “pengertian kesehatan” adalah berpantang total.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *