Beberapa Lemak Justru Baik Bagi Tubuh Anda

Anggapan ini salah, kita membutuhkan lemak dalam makanan untuk memasok bahan bakar sel dan membangun membran di sekitar sel. Tidak semua lemak merugikan. Bahkan, lemak diperlukan untuk kesehatan. Jika Anda mengonsumsi lebih banyak lemak sehat dan menjauhi lemak tidak sehat, maka kesehatan Anda akan lebih baik. Namun, jangan lupa pada rarger utama yaitu menjaga berat badan untuk kesehatan dengan cara mengatasi diabetes jika  anda mengidap diabetes.
Lemak Tidak Sehat
memasak-daging-2Beberapa jenis lemak dalam makanan kita. Dua di antarunya bermasalah yaitu lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh (merujuk pada penjenuhan dengan atom hidrogen dan sudah tidak dapat menerimanyalag) terdapat pada daging dan lemak hewani, produk susu, dan minyak tertentu seperti minyak sawit dan minyak kelapa. Minyakminyak tersebuk lebih kental dan tidak cair pada suhu ruangan. Lemak jenuh dalam makanan meningkatkan proses penymmbatan arteri yang dikenal sebagai aterosklefosis, terutama karena peningkatan kolesterol LDL (“jahat”). Lemak trans dihasilkan melalui proses manufaktur, bukan sesuatu yang alami. Lemak ini diciptakan oleh ahli kimia industri yang diminta untuk menemukan cara mengubah minyak cair menjadi padat sehingga memudahkan proses pengiriman dan menjaganya agar tidak berubah menjadi tengik.

Jumlah lemak trans sudah meningkat dalam makanan kita, dapat dijumpai dalamptoduk-produk panggangan, kentang goreng cepat saji, matgarin, dan lemak nabati semi-kental seperti Crisco. Mulai tahun 2006,label daftar gizi makanan telah memperlihatkan jumlah lemak trans dalam makanan yang dijual di toko. Sampai saat itu tiba, bila Anda melihat tulisan minyak nabaa yang terhidrogenasi sebagian (paniallr futdrogenated) atau semi-kental (shortenin!, maka Anda tahu bahwa terdapat kandungan lemak trans di dalam makanan tersebut. Masalahnya, lemak trans meningkatkan risiko terkena penyakit, jantung, stroke, dan penyakit lain yang disebabkan oleh ateroskierosis-seperti pada lemak jenuh.
Lemak Sehat
Ada dua jenis lemak dalam makanan yang baik untuk Anda yaitu lemak tidak j enuh rantai tunggal dan lemak tidak j enuh rantai majemuk. (I-emak tidak jenuh merujuk pada susunan kimiawi yang bisa menerima saru atau lebih atom hidrogen.) Lemak tidak jenuh rantai tunggal yang biasanya terdapat dalam beberapa jenis minyak, seperti minyak zaitun, kacang, dan canola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *