Bahan pemanis siklamat sudah tidak dipergunakan lagi karena memberikan efek sampingan yang merugikan tubuh

Oleh produsennya, siklamat telah ditarik dari peredaran pasar pada tahun 1970. Sakharin masih dipergunakan, tetapi memberikan rasa sisa pahit di rongga mulut. Zat-zalpemanis sintetik ini beberapa puluh kali bahkan ratus kali lebih manis dibandingkan dengan rasa manis sukrosa (gula pasir) yang menjadi standar pengukur, sehingga cukup dipergunakan kuantum yang sangat kecil untuk mencapai derajat manis yang biasa dikehendakidalam makanan. Stevioside adalah ikatan organis alamiah yang diekstraksi dari suatu pohon perdu Steviosa rebaudiana, dan dianggap tidak memberikan efek sampingan yang merugikan tubuh. Aspartame merupakan juga ikatan organik yang menyerupai struktur asam amino asparagine, dan di dalam proses metabolismanya masuk ke jalur metabolisma asam amino.

Aspartame dipasarkan dengan nama nutrasweet, dan mengandung campuran zat-zat tambahan lain. Sayang bahwa aspartame tidak stabil pada reaksi asam (pH kurang dari 3.0), akan terurai meskipun dalam derajat sangat rendah, tambahan pula dalam analisa yang teliti, preparat ini menlandung methanol, yang telah dipergunakan dalam proses produksinya. Kedua zat pemanis yang disebut terakhir ini relatif baru (aspartame dipasarkan tahun 1981), sehingga sebaiknya masih terus diobservasi, apakah betul-betulaman dan tidak memberikan efek merugikan dalam jangka sangat panjang. Dengan tingkat manis sukrosa 100, maka tingkat manis stevioside adalah 15.OOO, sedangkan tingkat manis aspartame 18.000, atau masing-masing 150 kali dan 180 kalitingkat manis sukrosa (gula pasir).

Metabolisma Karbohidrat.

Pencernaan Makanan secara Umum.

Makanan dikunyah di dalam rongga mulut, dipotong-potong dengan gigi-geligi dan dicampur dengan air liur (saliva) yang dihasilkan oleh tiga pasang kelenjar ludah, glandula parotis, glandula maksillaris dan glandula sublingualis. Kemudian makanan yang menjadigumpalan (bolus) ditelan melalui pharynx dan oesophagus (kerongkongan), masuk ke dalam lambung (ventriculus, gaster), melalui bagian yang disebut cardia. Di dalam gaster makanan (bolus) yang masuk berturut-turut tersusun dalam lapis-lapis. Yang paling dahulu masuk, menjadi lapisan yang langsung menempel ke dinding gaster, sedangkan yang masuk berturut-turut kemudian membentuk lapis-lapis yang semakin tengah, jauh dari dinding gaster. Karena air ludah bersifat alkalis, sedangkan cairan sekresi gaster mempunyai reaksi asam oleh adanya HCI maka lapisan makanan yang paling dalam (tengah) masih bersifat alkalis untuk beberapa saat, sedangkan lapisan yang semakin dekat dinding gaster menjadi semakin asam. Klik disini ntuk menemukan informasi akurat seputar obat herbal untuk diabetes type 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *