Awal Rencana Aktivitas Anda

agendaCarilah cara untuk mengusir kebosanan beraktivitas. Cobalah sesuatu yang baru,lakukan aktivitas yang sama di tempat lain, buatlah menjadi sesuatu yang menyenangkan, jadikan sebagai aktivitas sosial atau tantangan. Tinjaulah kembali prinsip dasar fitnes aerobik termasukfrekuensi aktivitas (idealnya lima sampai tujuh hari dalam seminggu), intensitas (berlolahragalah dengan intensitas yang memungkinkan Anda untuk berbicara, bukan menyanyi), waktu (tetaplah aktif setidaknya selama 10 menit dan secara bertahap tingkatkan menjadi 20-60 menit per aktivitas), dan jenis (aktivitas fitnes aerobik yang menguatkan jantung dan kelompok otot besar lengan dan kaki). Perhatikan target denyut jantung Anda.

Sesi 14: Memanfaatkan Sinyal Lingkungan Sosial

Kenali sinyal sosial yang menimbulkan masalah (melihat orang lain makan atau tidak betaktivitas, ditawari makanan, atau diundang melakukan sesuatu yang santai) dan yang mendukung (melihat orang lain mengonsumsi makanan sehat, ditawari makanan sehat, atau diundang beraktivitas). Usahakan menjauhi atau mengubah sinyal sosial yang menimbulkan masalah dan isi hidup Anda dengan sinyal-sinyal yang mendukung sehingga terbentuk kebiasaan gaya hidup yang baru. Cariah cara pengobatan penyakit gula pada orang di sekitar Anda yang dapat memberi pengaruh sosial yang positif dalam dalam hal makan sehat dan menjadi aktif. Rencanakan aktivitas sosial, pesta, liburan, dan lain lain.

Sesi 15: Kiat Mengelola Stres

Stres dapat membuat orang makan bedebihan dan malas beraktivitas. Cari penyebab stres Anda dan temukan cara mencegah atau mengelola stres (rencanakan sebelumnya, katakan “tidak” sehingga Anda tidak dikuasai olehnya, bagilah pekerjaan dengan orang lain, buadah target yang realistis dan terjangkau, kelolalah waktu Anda, gunakan keterampilan memecahkan masalah, berlatihlah, gunakan kata hatt positif untuk melawan yang negatif, dan bermeditasilah).

Sesi 16: Cara Mempertahankan Motivasi

Buadah daftar perubahan yang telah Anda lakukan unruk meningkatkan aktivitas dan mengurangi konsumsi lemak serta kalori. Apakah Anda telah mencapai target berat dan aktivitas Anda? Jika belum, cara yang pedu dilakukan untuk apa mencapainya? Ingatkan diri sendiri tentang pencapaian Anda hingga saat ini dan manfaat yang Anda peroleh; letakkan catatln kemajuan (grafik berat badan, foto) di tempat yang terlihat; buat target baru dan berilah penghargaan pada diri sendiri bila berhasil mencapainya; ciptakan persaingan sehat atau tambahkan variasi makanan dan aktivitas dalam rutinitas Anda; lanjutkan pantaun betat badan, aktivitas, dan asupan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *