3 Penyebab Munculnya Penyakit Kulit Herpes

Apa Penyebab Herpes Muncul?
Dari 25 atau lebih penyakit herpes yang dikenal, delapan diantaranya dapat menginfeksi manusia, menurut Merck Manual. Yang paling umum dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi herpes pada manusia diantaranya adalah cacar, herpes genital dan herpes oral.

penyebab herpes

Di masing-masing tiga penyakit ini, virus akan masuk ke sistem saraf dan memasuki keadaan hibernasi, atau latency. Dalam kondisi tertentu, virus dapat mengaktifkan diri kembali dan menyebabkan kekambuhan.

Cacar hingga Herpes zoster
Cacar adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Menyebar melalui kontak dengan cairan dari luka lepuh cacar, atau melalui pernapasan dari partikel virus di udara. Setelah seseorang telah menderita cacar air, sangat jarang ia akan terkena untuk kedua kalinya.

Virus ini dapat mengaktifkan kembali, namun, ia akan masuk ke sistem saraf kulit, menyebabkan infeksi yang disebut herpes zoster. Tidak seperti cacar, yang menyebabkan ruam tubuh pada bagian tubuh yang cukup luas, ruam herpes zoster biasanya meletus di satu area tubuh yang disebut dermatom (pada satu sisi tubuh).

The University of Maryland Medical Center, atau UMMD, melaporkan bahwa lepuh paling sering terjadi pada badan, leher atau wajah. Novartis Pharmaceuticals Corp melaporkan bahwa dua dari 10 orang yang telah menderita cacar air akan memiliki herpes zoster pada suatu waktu dalam hidup mereka. Usia tampaknya menjadi faktor penyebab pada siapa yang akan mengalami herpes zoster.

Penyakit herpes paling umum terjadi pada orang di atas usia 50. Novartis melaporkan bahwa penurunan kekebalan seseorang terhadap virus disebabkan oleh penuaan. Stres, depresi berat, obat imunosupresan dan penyakit tertentu mungkin juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit kulit herpes. Dan untuk mengobati jenis herpes zoster ini, Anda bisa mengunjungi halaman berikut “9 Tips Alami Mengobati Herpes Zoster“.

Munculnya Oral Herpes (Herpes Mulut)
Dalam kebanyakan kasus, herpes mulut disebabkan oleh Virus Herpes Simplex Tipe 1, HSV-1. UMMC melaporkan bahwa banyak orang yang terinfeksi wabah ini saat di masa kecil, dan sekitar 30 sampai 90 persen orang yang terinfeksi wabah ini saat mereka mencapai usia dewasa. Seperti strain herpes yang menyebabkan cacar air dan herpes zoster, HSV-1 juga akan masuk ke sistem saraf setelah seseorang pertama kali terinfeksi.

Hal ini dapat mengaktifkan wabah (kekambuhan) selama seumur hidup seseorang, meskipun jumlah wabah dan tingkat keparahan wabah cenderung berkurang dari waktu ke waktu. Medlineplus melaporkan bahwa pemicu yang dapat menyebabkan wabah ini muncul diantaranya adalah demam, stres dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Herpes Kelamin
Herpes Simplex Virus, Tipe 2, HSV-2, yang paling sering menyebabkan herpes genital, tapi tidak selalu, biasanya menular melalui hubungan seksual, menurut UMMC. Wabah ini akan mempengaruhi daerah genital, termasuk bokong, paha atas dan daerah anal.

Hal ini dapat menyebar melalui cairan tubuh, termasuk alat kelamin dan sekresi oral. Setelah infeksi awal, virus biasanya mundur ke ganglia sakral, pusat saraf yang terletak di dasar tulang belakang, menurut University of South Carolina. Medlineplus melaporkan bahwa wabah ini bisa begitu sering kambuh dan mereka muncul sebagai salah satu wabah yang berkepanjangan, atau sekitar setahun sekali.

Banyak orang bahkan tidak tahu mereka terinfeksi, baik karena wabah ini tidak pernah menunjukkan gejala, atau karena gejalayang muncul sangat ringan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kekambuha, meliputi tingkat kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk mengendalikan virus. Pemicu termasuk kelelahan, menstruasi, trauma lokal dan penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *