Tips Memilih Menu Sehat Untuk Penderita Maag Kronis Agar Tetap Sehat

Menu Sehat Untuk Penderita Maag Kronis – Rasanya punya sakit maag itu tidak ada enak-enaknya. Makan salah, nggak makan juga salah, jadinya serba salah. Jadi bete, ‘kan? Makan Cemilan juga gitu, nggak boleh asal makan aja. Harus benar-benar diperhatikan.

Apalagi kalau sudah parah. Perut rasanya seperti diplintir-plintir sekaligus perih gimana gitu.

Semua orang pun setuju kalau punya penyakit maag itu tidak boleh sembarangan makan, biar gejalanya mereda dan tidak semakin menjalar. Nah, biar cepat sembuh bahkan hilang sama sekali, berikut adalah daftar makanan yang aman dan pastinya sehat buat kamu penderita maag. Kira-kira apa saja ya?

  1. Jika sarapan nasi bikin perutmu mual dan tidak nyaman, makan bubur bisa jadi pilihan yang pas

Punya sakit maag bukan berarti tidak sarapan, justru kamu wajib tetap jaga pola makan biar lambungmu bekerja dengan normal. Pilih bubur sebagai menu sarapanmu, karena menu makanan lunak ini bisa mencegah dan meringankan rasa sakit di perut.

Supaya lebih berasa, kamu bisa menambahkan telur rebus atau kecap asin. Makan kerupuk diperbolehkan tapi hanya secukupnya saja. Sebaiknya hindari makanan yang susah dicerna seperti daging ayam atau jerohan, apalagi untuk menu sarapan. Oiya, buat kamu yang tidak terbiasa sarapan, anggap saja kegiatan sarapan itu nyemil.

  1. Menu Sehat Untuk Penderita Maag KronisSari kacang hijau juga bagus untukasupan karbohidrat, hitung-hitung pengganti makanan berat

Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang dapat memelihara kinerja lambung, termasuk mengatasi gangguan asam lambung. Menu makanan ini punya kemampuan untuk membentuk lapisan-lapisan di dalam lambung yang berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung.

Udah gitu, kacang hijau juga punya peran penting sebagai asupan karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Biar tidak repot ngunyah, sari kacang hijau bisa jadi solusi jitu!

  1. Oatmeal atau sereal pun jadi menu cemilan sehat ala anak kost, yang hemat di ongkos

Kalau kamu tidak mau ribet, coba deh bikin oatmeal. Selain praktis, makanan instan ini bisa juga meredakan asam lambungmu yang lagi naik akibat telat makan. Oatmeal punya kandungan serat yang cukup tinggi, tapi rendah akan lemak dan sodium.

Cocok banget kan untuk ganjel perut kamu, anak kost yang budgetnya sangat pas-pasan. Biar lebih bergizi, tambahkan juga potongan buah seperti pisang, semangka, atau melon juga bisa.

  1. Tidak cuma jadi tren buat menu diet, kentang tumbuk (mashed potato) juga cocok juga buat cemilan penderita maag

Kentang sangat baik untuk menetralkan asam lambung yang tinggi karena kentang bersifat basa. Kentang mengandung banyak karbohidrat yang mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Mashed potato bisa jadi salah satu pilihan cemilan nikmat untuk penderita maag, selain itu cara membuatnya juga sangat mudah.

  1. Pilih salad sayuran yang tidakbanyak serat, biar kerja lambung tidaktambah berat

Bagi penderita maag, kamu perlu pandai memilih sayuran yang tidak mengandung banyak serat. Karena terlalu banyak serat justru membuat kinerja lambung semakin berat. Sebagai pilihan, kamu bisa mengkonsumsi sayuran-sayuran seperti brokoli, kol, wortel, timun dan labu.

Sayuran-sayuran ini mengandung banyak antioksidan dan bahan-bahan penting, sehingga berfungsi juga untuk menurunkan asam lambung. Itulah beberapa Menu Sehat Untuk Penderita Maag Kronis yang bisa menjadi solusimaag. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat